Faktor Esensial Budidaya Hidroponik

Penanaman sayur dengan teknik hidroponik memiliki beberapa faktor esensial yang perlu diperhatikan agar sayuran dapat bertumbuh kembang dengan baik. Berikut adalah beberapa faktor esensial dalam budidaya hidroponik

budidaya hidroponik
Ilustrasi sayur hidroponik
  1. Unsur Hara

    Larutan hara terbaik bagi tanaman adalah 6,5. Unsur hara makro dibutuhkan dalam jumlah besar dan konsentrasinya pun relatif tinggi. Unsur yang termasuk hara makro antara lain N, P, K, Ca, Mg, dan S. Selain unsur hara makro, unsur hara mikro juga merupakan faktor esensial dalam budidaya hidroponik, tetapi digunakan dengan konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan dengan unsur hara makro. Unsur hara mikro meliputi Fe, Mn, Zn, Cu, B, Mo, dan Cl. Kebutuhan unsur hara akan berbeda-beda setiap jenis tanamannya.

  2. Media Tanam Hidroponik

    Jenis media yang digunakan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan sayur yang kita tanam. Media tanam yang baik akan mampu membuat unsur hara tetap tersedia, menjamin kelembaban, dan drainase yang baik. Bahan-bahan yang biasa digunakan sebagai media tanam hidroponik antara lain pasir, kerikil, pecahan batu bata, arang sekam, spons, dan sebagainya. Bahan yang digunakan akan mempengaruhi sifat lingkungan media.

  3. Oksigen

    Tingkat oksigen yang rendah dapat menyebabkan permeabilitas membran sel menurun sehingga dinding sel semakin sukar untuk ditembus. Hal ini dapat mengakibatkan tanaman kekurangan air. Pemberian oksigen dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pemberian gelembung-gelembung udara pada larutan (kultur air), penggantian larutan hara yang berulang-ulang, mencuci atau mencabuti akar yang terekspos dalam larutan hara, dan memberikan lubang ventilasi pada tempat penanaman untuk kultur agregat.

  4. Air

    Tingkat salinitas yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman secara hidroponik adalah tidak melebihi 2500 ppm atau memiliki nilai EC yang tidak lebih dari 6,0 mmhos/cm serta tidak mengandung logam berat dalam jumlah besar karena jika mengandung logam berat maka dapat meracuni tanaman.

Jadi, sobat sehat sudah siap untuk mencoba menanam sayur dengan sistem hidroponik?

Referensi : Istiqomah S. 2007. Menanam Hidroponik. Bekasi : Azka Mulia Media 

Dapatkan Sayuran Premium: Belanja Sekarang di Sayuran Pagi!

Baca Juga: Hidroponik Boros Air? Benarkah Begitu?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *