Hidroponik Boros Air? Benarkah Begitu?

Gambar Aliran Air Nutrisi Sistem Hidroponik

Halo, Sobat Sehat!

Bagi orang yang belum pernah bersinggungan dengan dunia hidroponik mungkin akan memiliki pertanyaan demikian, “tidakkah hidroponik boros air?. Apalagi bila mereka tergolong orang-orang yang peduli lingkungan. Hal ini akan jadi sebuah pertanyaan menggelitik sebelum mencoba memulai lebih jauh. Jadi apakah benar sistem hidroponik boros air? Yuk kita baca lebih lanjut, sobat sehat!

Sisem Hidroponik Hemat Air

Menurut Sharma, dkk. (2018) pada sebuah jurnal mengenai perkenalan teknik hidroponik, sistem hidroponik dapat menghemat air sebanyak 80% – 90%. Mungkin ini terdengar sedikit mengejutkan. Mengingat sistem hidroponik hampir sepenuhnya menggunakan media air untuk membudidayakan sayuran. 

Alasan utama yang menjadi alasan pernyataan penghematan air dalam sistem hidroponik adalah air nutrisi yang digunakan dapat digunakan kembali untuk beberapa periode tanam. Bila ada ketidak-efisienan penggunaan air dalam sistem hidroponik, biasanya diakibatkan oleh faktor evaporasi air sistem akibat suhu tinggi. Selain itu, bila tanaman terkena serangan jamur/busuk akar, juga bisa menjadi fakor lain yang menurunkan efisiensi penggunaan air pada sistem hidroponik karena air harus diganti (dikuras).

Produktivitas Sistem Hidroponik

Tidak hanya menghemat air, sistem hidroponik ini juga memiliki persentase produktivitas 100% – 250% lebih baik dari media tanah. Hal ini diakibatkan nutrisi di dalam media air lebih terukur dan fokus menyuplai mineral untuk tumbuhan melalui akar tanaman. Hampir seluruh elemen (yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman) dalam sistem hidroponik pun dapat diukur, seperti suhu, kadar nutrisi, ph, dll. Hal ini membuat sistem menjadi lebih efisien untuk menanam tanaman. Sedangkan pada media tanah, tantangannya adalah tingkat kesulitan petani untuk mengukur elemen-elemen pertumbuhan seperti yang dapat dilakukan di media hidroponik. Misalnya untuk elemen air dan nutrisi. Bila tidak diterapkan dengan baik, menanam dengan media tanah bahkan dapat memiliki kemungkinan untuk menyebabkan pencemaran tanah (akibat pupuk/nutrisi) pada sekitar area tanam (kebun).

Bagaimana, masih meragukan efisiensi air sistem hidroponik? Dapatkan sayuran hidroponik premium mu hanya di Sayuran Pagi !

Sumber:

Sharma, N., Acharya, S., Kumar, K., Singh, N., and Chaurasia, O.P. (2018). Hydroponics as an advanced technique for vegetable production: An overview. pp.17(4): 364-371.

Dapatkan Sayuran Premium: Belanja Sekarang

Baca Juga: Kelebihan Sistem Hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *